MERANCANG PEMBELAJARAN BERDASARKAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK FASE D (12-15 TAHUN)
Halo Bapak ibu Guru, para siswa, dan ayah bunda apa kabar ?
Semoga semuanya sehat, tetap semangat, optimis dan bergembira dalam aktivitas masing-masing. Sahabat SATARAJA kali ini kita akan belajar tentang perkembangan remaja.
Manusia mengalami berbagai masa perkembangan dalam hidupnya , salah satunya adalah perkembangan remaja, ada definisi, aspek perkembangan, prinsip perkembangan dan manfaat mengenali tahap perkembangan anak, berikut penjelasannya!
Pertumbuhan merupakan proses bertambahnya pengukuran pada tubuh seseorang secara kuantitatif sementara perkembangan merupakan suatu proses perkembangan secara kualitatif seperti fase anak, fase remaja, serta fase dewasa. Anak yang dibangku SMP sudah termasuk dalam fase remaja. Kategori remaja yaitu anak usia 13-21 tahun, umumnya pada keadaan tersebut seseorang mengalami pertumbuhan dan perkembangan dengan pesat baik secara fisik maupun psikologis. Masa itu didefinisikan sebagai masa pubertas.
Tahap perkembangan anak adalah capaian dan kemampuan fisik, kognisi, bahasa, dan sosial emosi seorang anak sejak lahir hingga dewasa yang perlu dipenuhi dalam setiap tahapan hidupnya agar berkembang dengan baik.
Fase D adalah sebuah fase perkembangan dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada anak usia antara 12 tahun hingga 15 tahun di jenjang sekolah menengah pertama (SMP).
A. Aspek Perkembangan
Perkembangan peserta didik di pengaruhi oleh 4 (empat) aspek, yaitu :
- Aspek fisik
- Aspek kogntif
- Aspek bahasa
- Aspek sosial-emosi
B.Prinsip Perkembangan
Prinsip-prinsip perkembangan anak yang kita pahami antara lain:
- Antar-aspek saling berhubungan
- Hambatan di suatu tahap mempengaruhi tahap berikutnya
- Perkembangan setiap anak berbeda-beda
C.Tugas perkembangan Remaja
Tugas perkembangan remaja menurut Hurlock (dalam Asrori dan Ali 2011) adalah :
- Mampu menerima keadaan fisiknya
- Mampu menerima dan memahami peran seks usia dewas
- Mampu membina hubungan baik dengan anggota kelompok yang berlainan jenis
- Mencapai kemandirian emosional
- Mencapai kemandirian ekonomi
- Mengembangkan konsep dan ketrampilan intelektualyang sangat diperlukan untuk melakukan peran sebagai anggota masyarakat
- Memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai orang dewasa dan orangtua
D.Manfaat Mengenali Tahap Perkembangan Anak
Berikut ini beberapa manfaat yang dapat di ambil mengenali tahap perkembangan anak, yaitu:
- Melihat anak dengan utuh
- Merespon anak sesuai kebutuhannya
- Menerima keunikan anak
- Mengantisipasi tantangan
- Ekspektasi realistis
Mengingat tugas-tugas perkembangan tersebut sangat kompleks dan relatif berat bagi remaja, maka untuk dapat melaksanakan tugas-tugas tersebut dengan baik, remaja masih sangat membutuhkan bimbingan dan pengarahan supaya dapat mengambil langkah-langkah yang tepat sesuai dengan kondisinya masing-masing, dan bisa lebih siap dalam menghadapi perubahan anak remaja dan mencari cara efektif untuk mengatasinya.
Setelah anda membaca materi terkait perkembangan remaja, mohon bantuannya untuk mengisi umpan balik melalui link berikut ini.