Tujuan Pendidikan
- Tujuan Pendidikan Nasional
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis dan bertanggung jawab
- Tujuan Pendidikan Dasar
meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut
- Tujuan Kurikulum 2013
mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga Negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta peradaban dunia.
”TERWUJUDNYA PESERTA DIDIK YANG BERIMAN BERAKHLAK MULIA, BERMUTU, TERAMPIL, DAN BERWAWASAN LUAS”
Indikator Visi :
-
- Terciptanya peserta didik yang beriman kepada Allah SWT dengan menanamkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.
- Tercapainya peserta didik yang santun dalam berbahasa dan berbudi luhur dalam berperilaku.
- Terwujudnya kompetensi lulusan yang berstandar nasional dan bermutu.
- Tercapainya proses belajar mengajar yang berstandar nasional dan mewujudkan peserta didik yang terampil dalam berpikir kritis dan luas serta berinovasi sesuai dengan kemajuan teknologi.
- Terwujudnya budaya dan lingkungan kondusif mendukung sekolah berstandar nasional.
- Misi Sekolah :
- Menanamkan keimanan dan ketaqwaan melalui pengamalan ajaran agama.
- Mengoptimalkan proses pembelajaran dan bimbingan.
- Mengembangkan bidang ilmu pengetahuan, teknologi, ketrampilan dan seni berdasarkan minat, bakat dan potensi peserta didik.
- Membina kemandirian peserta didik melalui kegiatan pembiasaan, kewirausahaan dan pengembangan diri yang terencana dan berkesinambungan .
- Menjalin kerjasama yang harmonis antar warga sekolah, masyarakat dan lembaga lain yang terkait.
- Mewujudkan budaya dan lingkungan sekolah yang kondusif.
- Tujuan Sekolah :
Dalam kurun waktu 4 tahun kedepan ( 2019/2020 – 2022/2023 ) tujuan yang akan dicapai sekolah antara lain :
-
- Sekolah mampu membekali peserta didik untuk memiliki perilaku yang mencerminkan orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri dan bertanggungjawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
- Sekolah mampu membekali peserta didik untuk memiliki pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya.
- Sekolah mampu membekali peserta didik untuk memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret.
- Sekolah mampu menghasilkan dokumen KTSP dengan lengkap.
- Sekolah mampu melaksanakan proses pembelajaran berbasis penyingkapan/ penelitian ( discovery/ inquiry learning ) .
- Sekolah mampu melaksanakan pendekatan pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah ( project based learning ) kehidupan sehari-harinya.
- Sekolah mampu menyediakan fasilitas pembelajaran yang lengkap, mutakhir, dan berwawasan ke depan.
- Sekolah mampu meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan.
- Sekolah mampu menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap, fungsional, dan ramah lingkungan.
- Sekolah mampu menerapkan manajemen berbasis sekolah yang mandiri, partisipatif, transparan, kolaboratif, efisien, efektif dan akuntabel.
- Sekolah mampu mewujudkan pedoman sekolah : RKS, RKAS ( RKT dan RAPBS ), KTSP, Kalender Akademik, Struktur Organisasi Sekolah, Peraturan Akademik, Tata Tertib, Kode Etik, dan pedoman lain.
- Sekolah mampu menerapkan sistem informasi manajemen sekolah.
- Sekolah mampu mengelola biaya opersional pendidikan dengan tansparan dan akuntabel.
- Sekolah mampu menggali dana pendidikan dari berbagai sumber.
- Sekolah mampu menyusun rencana penilaian sesuai kompetensi yang akan dicapai dan berdasarkan prinsip-prinsip penilaian
- Sekolah mampu melaksanakan penilaian otentik peserta didik secara profesional, terbuka, edukatif, efisien, efektif sesuai dengan konteks sosial budaya
- Sekolah mampu menyusun laporan penilaian peserta didik secara objektif, akuntabel dan informatif
- Sekolah mampu menerapkan budaya sekolah yang menguatkan pemahaman, keyakinan, dan kepatuhan warga sekolah terhadap norma dan nilai-nilai sekolah.
- Sekolah mampu membentuk budaya mutu sekolah yang positif
- Sekolah mampu mewujudkan lingkungan sekolah yang aman, bersih, indah, sejuk, sehat, dan nyaman.
Tujuan jangka pendek situasional/sasaran yang akan dicapai SMP N 4 Satu Atap Kedungreja pada Tahun Pelajaran 2019/2020 adalah sebagai berikut.
- Sekolah mengembangkan Standar Kompetensi Lulusan sesuai SNP dan Kurikulum 2013
- Sekolah melaksanakan penyusunan Kriteria Ketuntasan Minimal
- Sekolah melaksanakan penyusunan Kriteria Kenaikan Kelas
- Sekolah melaksanakan penyusunan Pra-US
- Sekolah mengembangkan Standar Isi/Kurikulum sesuai SNP dan Kurikulum 2013.
Sekolah melaksanakan penyusunan dan pengembangan Kurikulum Sekolah (Dokumen I, II, dan III), yang meliputi- Penyusunan Pembagian Tugas Guru dan Jadwal Pelajaran
- Penyusunan Program Tahunan
- Penyusunan Program Semester
- Penyusunan RPP dan KKM
- Sekolah mengembangkan Standar Proses sesuai SNP dan Kurikulum 2013.
- Sekolah melaksanakan Kegiatan Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Project Based Learning (PjBL), dan Discovery Learning (DL), yang meliputi
- Pengadaan Sarana Penunjang (ATK)
- Alat Pembelajaran
- Optimalisasi KBM : Pengembangan dan penyusunan bahan ajar dan pengembangan pembelajaran kontekstual
- Program Kesiswaan
- Penyusunan program kesiswaan
- Pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB)
- Pelaksanaan Masa Orientasi Peserta Didik Baru
- Optimalisasi Kegiatan Kesiswaan ( Pemilihan Ketua OSIS, LDK Pengurus OSIS Baru , Class Meeting, dan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) Siswa/Pramuka .)
- Keikutsertaan dalam lomba prestasi nonakademik
- Program Ekstrakurikuler
- Penyusunan program Ekstrakurikuler
- Penyediaan alat/ sarana
- Pembina Ekstrakurikuler
- Sekolah melaksanakan Kegiatan Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Project Based Learning (PjBL), dan Discovery Learning (DL), yang meliputi
- Sekolah mengembangkan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan sesuai SNP.
- Sekolah mengirimkan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk mengikuti workshop/ pelatihan/ seminar peningkatan kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan
- Sekolah Melaksanakan workshop, rapat, seminar yang meliputi workshop Peningkatan Mutu Pembelajaran, Rencana Pengembangan Sekolah.
- Sekolah mengirimkan guru untuk mengikuti MGMP/MGMPS/MGBK
- Rapat Kerja Kepala Sekolah.
- Sekolah mengembangkan Standar Sarana dan Prasarana sesuai SNP
- Sekolah melaksanakan pengadaan buku
- Sekolah melaksanakan penambahan sarana dan prasarana melalui program DAK
- Sekolah melaksanakan optimalisasi layanan perpustakaan
- Sekolah melaksanakan kegiatan pemeliharaan dan perbaikan gedung, yang meliputi Pemeliharaan dan perbaikan ruang kelas,Laboratorium, kamar mandi, perawatan elektronik dan perawatan mebeler serta perawatan lingkungan dan fasilitas belajar di luar kelas.
- Sekolah Pengembangan Sarana dan Prasarana Sekolah, yang meliputi Pengadaan 1 unit computer dan 1 Printer, Pembelian 2 unit LCD, Pengadaan alat Kebersihan
- Sekolah mengembangkan Standar Pengelolaan sesuai SNP.
- Akreditasi Sekolah
- Kegiatan Pengembangan Manajemen Sekolah
- Kegiatan Pengelolaan Perkantoran
- Kegiatan Supervisi, Monitoring, dan Evaluasi
- Kegiatan Hubungan Masyarakat/Kemitraan Sekolah
- Sekolah mengembangkan Standar Pembiayaan sesuai SNP.
- Kegiatan Rumah Tangga Sekolah, Daya, dan Jasa
- Bantuan Transport GTT dan PTT
- Penyusunan laporan pertanggungjawaban BOS
- Penyusunan RAPBS (RKAS).
- Sekolah mengembangkan Standar Penilaian sesuai SNP dan Kurikulum 2013. Sekolah melaksanakan kegiatan yang meliputi:
- pelaksanaan Penilaian Otentik (UH dan UTS)
- Ulangan Akhir Semester (UAS)
- Ujian Sekolah (US)
- Tindak lanjut Hasil Penilaian serta pelatihan workshop Penilaian.
- Pengembangan budaya sekolah melalui kegiatan yang meliputi meningkatkan kedisiplinan siswa
- pelaksanaan 7K dan 5S
- Ketakwaan siswa melalui kegiatan pembelajaran dan ekstrakurikuler
- mengembangkan budaya tradisional melalui kegiatan ekstrakurikuler