13/04/2024

PENERAPAN METODE GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI

Latar Belakang Masalah

Pada masa pandemi covid-19, dunia pendidikan menghadapi banyak tantangan. Beberapa tantangan yang sangat terlihat yaitu semangat belajar siswa yang menurun serta aktivitas siswa bermain game menggunakan smartphone meningkat. Hal ini juga terjadi pada sekolah kami yang letaknya berada di pedesaan. Setelah adanya pandemi, peserta didik kami banyak yang memanfaatkan smartphone milik mereka bukan untuk belajar, melainkan untuk bermain game.

Karena hal di atas, kami mencoba mewawancarai beberapa peserta didik untuk memeperoleh informasi tentang apa yang mereka rasakan pada saat pembelajaran daring. Berdasarkan hasil wawancara, peserta didik merasa bosan dan jenuh saat pembelajaran secara daring. Menurut yang dirasakan peserta didik, pembelajaran daring hanyalah kegiatan penyampaian tugas yang harus dikumpulkan pada hari itu.

Atas dasar informasi tersebut, kami melakukan kajian literatur untuk mencari metode pembelajaran inovatif yang efektif untuk digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar  siswa. Berdasarkan penelitian Lawalata, Palma, dan Pratini (2020), penerapan metode pembelajaran kooperatif berbasis gamifikasi terbukti efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. konsep permainan dalam pembelajaran membuat siswa berlomba-lomba ingin menjadi pemenang.

Penerapan Metode Gamifikasi Dalam Pembelajaran Daring

Metode gamifikasi yang penulis terapkan yaitu dengan menginstall Plugin Level-Up pada LMS Moodle di pembelajaran daring. Pada saat penerapan metode gamifikasi, peserta didik sangat antusias menyelesaikan pembelajaran mereka di LMS. Persaingan skor aktivitas dan penilaian guru membuat mereka bersemangat kembali melakukan  pembelajaran daring.

Hasil Penerapan Metode Gamifikasi

Berdasarkan hasil pengamatan pada LMS dan refleksi dari peserta didik, kami menyimpulkan bahwa penerapan metode gamifikasi mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukan dari meningkatnya aktivias peserta didik pada LMS.

Faktor Kendala

Terdapat beberapa kendala dalam penerapan pembelajaran daring dengan metode gamifikasi melalui LMS Moodle, antara lain sebagai berikut:

  1. Tidak semua peserta didik memiliki kuota internet
  2. Tidak semua peserta didik  memiliki smartphone