23/07/2024

PENDIDIKAN DIMASA PANDEMI DI SMP N 4 SATU ATAP KEDUNGREJA

(Kaliwungu) – Dunia pendidikan berdamapak besar dimasa pandemi ini, sekolah tatap muka langsung belum diperbolehkan karena kita harus bisa memutus mata rantai virus covid 19, jangan sampai generasi yang akan datang terkena virus tersebut. Banyak tantangan yang perlu diahadapi dalam pendidikan dimasa pandemi ini, anatara lain:

  •  Peran guru
Learning Management System (LMS) SMP N 4 Satu Atap Kedungreja

Sebagai seorang guru dituntut untuk berpikir kretif dan inovatif  dalam memberikan pembelajaran secara daring, perlunya perangkat pemebelajaran yang memadai seperti halnya internet yang lancar tanpa kendala perangkat yang support guna pembelajaran selain itu guru juga dituntut memberikan materi yang terbaru sesuai dengan keaadaandan karakter peserta didik supaya peserta didik tidak jenuh saat pembelajaran daring berlangsung, melalui pemebelajaran daring diharapkan peserta didik dan guru dapat berdialog secara interaktif yang menimbulkan tingkat pemahaman peserta didik atas materi yang baik.

  • Peran Peserta didik
Foto Upacara Hardiknas Tahun 2021

Peserta didik dituntut selalu aktif dan ikut proses pemebelajaran daring dan menyelesaikan tugas-tugas tersebut secara tuntas dimana dialog antar guru dan peserta didik tidak semudah ketika pembelajaran tatap muka.Tingkat pemahaman peserta didik itu berbeda-beda, banyak peserta didik yang kurang paham ketika pembelajaran dilakukan secara daring/virtual karena ketidak sungguhan pada saat proses pembelajaran berlangsung, selain itu fasilitas yang dimiliki juga berbeda – beda seperti jenis handphone, jenis laptop, provider yang digunakan dan jumlah kuota yang dimiliki.

  • Peran Orang tua

Peran orang tua pada saat pemebelajaran daring sangat diperlukan untuk peserta didik , terutama peserta didik diusia 6-7 th ,orang tua dituntut untuk bisa menjelaskan apa yang dijelaskan oleh guru, dan dapat membantu menyeselesaikan tugas pekerjaan rumah peserta didik. Peran penting lainya orang tua juga perlu memberikan fasilitas yang memadai seperti handphone, laptop,internet, kuota dan bahan-bahan untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Hal ini memicu kesenjangan karena disaat pandemi banyak orang tua yang pendapatanya berkurang  ada yang dipecat gara-gara pengurangan karyawan, sealin itu bagi orang tuanya seorang petani juga tidak banyak yang hasil pertanianya gagal panen meskipun panen harga jual hasil panennya seperti padi juga sangat murah, jangankan untuk memberikan fasilitas untuk makan saja susah.

  • Peran pemerintah
Sumber Gambar https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/

Peran pemerintah sangat penting dalam peningkatan kwalitas pendidikan kepada anak bangsa karena pendidikan adalah kunci keberhasilan sumberdaya manusia suatu bangsa.Ditangan generasi muda nantinya Negara akan maju dan tidaknya.

Peran Pemerintah di sini, bagaimana dapat memberikan handphone ataupun laptop kepada anak-anak yang orangtuanya kurang mampu, memberikan kuota kepada anak-anak sekolah dan memberikan dana lebih untuk kebutuhan pokok sehari-hari atas keluarga yang kurang mampu akibat dirumahkan, pemutusan hubungan kerja, pelaku UMKM yang mengalami keterpurukan dan saat ini pun petani sedih karena harga padi murah sementara biaya tanam, seperti pupuk dan pekereja sangat mahal.

Dengan banyaknya permasalahan yang timbul smp n 4 satu atap memberikan solusi agara pembelajaran tetap bisa dilakukan dengan baikseperti meminjamkan tablet kepada peserta didik agar digunakan dengan baik suapaya peserta didik bisa mengikuti pembelajaran dan menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru selain itu sekolahan juga memberikan bantuan  kuota belajar selama beberapa bulan guna sedikit mengurangi beban orang tua dalam hal memberikan fasilitas kepada anak.
semoga pandemi covid-19 segera berlalu  dan pembelajaran tatap muka di smp n 4 satu atap dapat berjalan sebagaimana mestinya.